Mungkin dari kamu yang belum tahu tentang mata uang digital yang satu ini, berarti anda ketinggalan jaman. Mata uang digital ini hampir mencapai dengan harga yang cukup fantastis, yaitu seharga Rp. 300 Juta dalam satu bitcoin saja, yah kalau bisa di bilang sama dengan harga rumah.

Tapi apakah kamu tahu apa itu Bitcoin sebenarnya, dan bagaimana sejarah dan asal-usul bitcoin sebenarnya hingga harganya bisa menjadi meningkat sampai sekarang ini.

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin merupakan mata uang digital yang pertama kali di rilis pada januari 2009 oleh Satoshi Nakamoto yang merupakan nama ID yang di gunakan oleh seseorang dalam forum organisasi yang mempelajari tentang teknologi peer to peer. Mata uang ini sama halnya dengan mata uang yang ada pada umumnya, tetapi hanya tersedia dalam bentuk digital.

Tak ada satupun yang mengetahui keberadaan pencipta mata uang digital yang satu ini, walaupun banyak yang muncul nama-nama yang berkaitan dengan pencita mata uang bitcoin, tetapi tak satupun yang dapat membuktikan kebenarannya.

Teknologi yang terdapat dalam Bitcoin

apa-itu-bitcoin

Mata uang digital yang satu ini memiliki teknologi tersendiri yang cukup menarik, yaitu Blockchain yang melalui proses jaringan peer to peer dan tidak terpusat.Hal ini yang menyebabkan bitcoin dapat di gunakan untuk bertranskasi dari dompet satu ke dompet lainnya melalui jaringan internet tanpa adanya pihak ketiga dalam transaksi.

Blockchain itu sendiri merupakan sekumpulan beberapa blok angka yang saling terikat antara satu blok dengan lainnya, dan diamankan dengan menggunakan algoritma ekripsi SHA2 paling aman yang merupakan tingkatan algoritma terdahulu SHA1.

Harga Bitcoin dari 2012 – 2017

Berikut ini merupakan gambaran statistik perkembangan kenaikan harga bitcoin yang sangat fluktuatif.

Baca Juga  6 Bisnis yang Cocok Untuk Mahasiswa. Mahasiswa Wajib Baca!

apa-itu-bitcoin

 

Bisa di lihat dari gambar statistik di atas, betapa murahnya harga bitcoin pada tahun 2012. Hanya $6 atau dalam kurs rupiah yaitu Rp. 80 ribu 1 bitcoin, dan sekarang 1 bitcoin di tahun 2017 menjadi $14,269 atau Rp. 190 Juta. Bayangkan jika kamu membeli 10 bitcoin pada tahun 2012 dan menyimpannya, mungkin kamu jadi kaya mendadak tahun ini.

Harga diatas akan terus berubah, seiring dengan penggunaan bitcoin tiap negara yang terus meningkat menyebabkan kenaikan harga bitcoin akan semakin fantastis. Bahkan John David McAfee yang merupakan pendiri AntiVirus McAfee memprediksi harga 1 bitcoin akan mencapai Rp. 14 Milyar.

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin?

Mungkin penjelasan singkat di atas tentang apa itu bitcoin sudah masuk di pikiran kamu bagaimana sistem bitcoin bekerja, nah yang selanjutnya adalah proses bagaimana cara mendapatkan bitcoin. Istilah dalam mencari bitcoin di sebut Mining atau Menambang.

apa-itu-bitcoin

Mining/menambang bitcoin merupakan proses menghitung atau menyelesaikan Algoritma bitcoin secara reverse calculation. Biasanya proses penambangan ini membutuhkan Hardware yang berspesifikasi tinggi dan proses penambangan juga berlangsung agak lama, tergantung berapa tingkat kesulitan block yang di dapat.

Kesimpulan

Bitcoin merupakan aset yang sangat berharga untuk melakukan investasi jangka panjang, apalagi kenaikan bitcoin sangat fluktuatif dan terus meningkat menjadikan banyak orang untuk melakukan investasi pada mata uang digital yang satu ini.

Mungkin sampai di sini saja pembahasan mengenai apa itu bitcoin, jangan lupa bagikan dan pantangin terus website ini untuk mendapatkan informasi dan edukasi menarik lainnya di waktu mendatang. Terima Kasih

Video Review Apa Itu Bitcoin