meningkatkan daya ingat

Semakin bertambahnya umur, maka semakin menurunnya juga performa anggota tubuh seperti tangan, mata, kaki, tangan, pinggang, bahkan daya ingat bisa menjadi berkurang juga yang bisa menyebabkan kamu mengalami sifat pelupa. Tak di ragukan lagi karena proses penuaan akan menyebabkan dampak dari beberapa yang kami sebutkan diatas.

Baca Juga  Lakukan 5 Test Ini Untuk Mengetahui Fleksibilitas Tubuh Kamu!

Tapi jangan khawatir, selama kamu merawat tubuh kamu sejak dini dan mengatur pola hidup sehat dan tidur dengan cukup, kemungkinan besar dampak yang ada diatas mungkin tidak kamu alami.

Nah kali ini Mediagarda akan memberikan tips untuk menghindari dampak di atas, salah satunya yaitu daya ingat otak yang sering terjadi pada proses penuaan yang mengakibatkan orang memiliki sifat pelupa. Silahkan di simak!

Cara Meningkatkan Daya Ingat Pada Otak

1. Berolahraga

meningkatkan daya ingat

Olahraga dapat memperlancar sirkulasi darah yang terdapat dalam tubuh yang dapat meningkatkan suplai darah ke otak untuk membantu kesehatan otak, sering-seringlah berolahraga baik di pagi hari atau sore hari, seperti jogging atau latihan angkat beban.

2. Sarapan Pagi

meningkatkan daya ingat

Dalam meningkatkan daya ingat, perlu adanya asupan makanan agar tubuh menjadi lebih sehat dan berenergi yang dapat menyuplai otak dalam bekerja. Maka dari itu sarapan pagi dapat menjadi kebutuhan yang baik untuk otak.

3. Bermain Game

meningkatkan daya ingat

Siapa bilang game dapat merusak otak, banyak sekali game yang dapat membuat kamu untuk berpikir lebih teliti seperti game puzzle atau game teka-teki yang dapat menyebabkan sel-sel dalam otak tetap terhubung.

4. Mengajar Orang Lain

meningkatkan daya ingat

Apabila kamu menguasai suatu materi dan sering mengajarkannya ke orang lain, maka materi tersebut akan terus anda ingat, karena kamu sering menyampaikan hal tersebut. Berbeda dengan orang yang tidak mengajarkan ilmunya, otomatis ilmunya dapat terkikis dengan perlahan karena jarang di sampaikan.

5. Menulis

meningkatkan daya ingat

Menulis merupakan cara meningkatkan daya ingat otak yang sangat efektif, hampir sama dengan bermain game, dimana ketika kamu menulis maka otak kamu akan berpikir dan hasil berpikir kamu akan tersimpan di selembaran kertas yang dapat membantu kamu untuk mengingat suatu hal.

6. Visualisasikan Ingatan Dengan Gambar

cara meningkatkan daya ingat

Teknik ini juga sangat ampuh, kamu hanya cari foto masa lalumu bersama teman-temanmu atau foto masa sekolahmu, lalu silahkan lihat semua wajahnya dan ingat nama-nama yang ada pada foto tersebut. Ini otomatis akan mendorong otak untuk berpikir.

7. Bersosialisasi Dengan Orang Di Sekitar

meningkatkan daya ingat

Bersosialisasi dengan orang di sekitar dapat menyebakan kita untuk berbicara dan menarik hal-hal terdahulu pernah kita lakukan untuk di sampaikan ke orang lain. Ini dapat menjadi hal positif untuk otak, karena otak akan berpikir dan mengingat semua hal yang pernah terjadi untuk di masukkan kedalam topik pembicaraan

8. Atur Pola Makan

meningkatkan daya ingat

Mengatur pola makan merupakan anjuran untuk setiap orang untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Ploa makan yang teratur secara umum yaitu 3X sehari pagi, siang, dan malam. Dengan mengatur pola makan, maka kamu dapat energi tambahan untuk keperluan otak.

9. Istirahat Yang Cukup

meningkatkan daya ingat

Istirahat yang kurang dapat menyebakan daya tahan tubuh berkurang dan mengakibatkan anggota tubuh yang lain tidak sehat dan dapat menyebabkan stress yang berdampak pada kepala. Maka istirahat yang cukup perlu untuk menjaga kesehatan otak agar terhindar dari strees.

10. Buat Agenda harian

meningkatkan daya ingat

Dengan menjalani kehidupan yang terorganisir, maka kamu akan terhindar dari strees. Maka dari itu buatlah suatu agenda harian sebelum tidur agar keesokannya kamu tidak lupa apa-apa yang akan di lakukan keesokan harinya.

Itulah beberapa cara meningkatkan daya ingat pada otak, kesimpulannya adalah dengan melakukan pola hidup yang sehat maka tubuh akan terasa lebih baik begitupun juga akan merembes ke otak kita. Sahre artikel ini agar bermanfaat juga bagi orang lain, bukan hanya kamu saja 😀