ZetaChain Tutorial Testnet Guide – Potential Airdrop

Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan mengenai salah satu platform chain yang bisa di bilang akan berkembang dan banyak di pakai untuk melakukan transaksi antar chain, nama platform tersebut adalah ZetaChain.

APA ITU ZETA CHAIN?

ZetaChain adalah blockchain Layer 1 yang dibangun menggunakan Cosmos SDK. Tujuan ZetaChain adalah menjadi dApps omnichain, yang mendukung banyak jaringan (blockchain L1 seperti Ethereum dan BSC dan solusi Layer 2 seperti Polygon dan Optimism).

ZetaChain membayangkan dan mendukung ekosistem crypto multi-chain yang benar-benar cair, di mana pengguna dan pengembang dapat berpindah di antara dan menghargai manfaat dari blockchain apa pun: pembayaran, DeFi, likuiditas, game, seni, grafik sosial, kinerja, keamanan, privasi, dan sebagainya pada.

TIM ZETA CHAIN

Tim ZetaChain telah membangun produk kripto sejak 2013. Kami telah memimpin produk dan rekayasa untuk salah satu bursa publik terpusat terbesar dan juga menciptakan salah satu aset kripto yang paling banyak digunakan.

ZETACHAIN TOKEN

Token ZETA ZetaChain digunakan untuk membayar biaya gas untuk kontak cerdas ZetaChain dan juga digunakan untuk mengamankan blockchain PoS ZetaChain dengan mengikat/mempertaruhkan/memotong.

ZETA juga merupakan inti dari transfer lintas rantai, pertukaran, pengiriman pesan, dan keamanan ZetaChain. ZETA adalah salah satu token multi-rantai pertama yang diterbitkan secara native di berbagai rantai dan lapisan.

Pengguna dapat langsung memindahkan token ZETA dari rantai A ke rantai B. Mekanismenya adalah pasak satu arah (yaitu membakar jumlah X pada rantai A dan kemudian mencetak jumlah X pada rantai B).

Kami menggunakan token ZETA kami sendiri untuk mewakili rantai nilai karena:

-Tidak seperti pegging dua arah yang lebih umum, tidak ada pembungkusan dan karena itu tidak ada representasi berganda dari aset dasar yang sama.
-Satu-satunya nilai (asli) yang dapat lintas-rantai adalah melalui token ZETA, yang mengurangi permukaan serangan, menghasilkan audit yang lebih mudah dipahami dan karenanya keamanan yang lebih tinggi. Misalnya, kami dapat memeriksa total pasokan di lokasi pencetakan kontrak.
-Pengguna dapat membayar ZETA untuk layanan lintas rantai yang disediakan ZETA, dan untuk bensin di rantai tujuan.

Kami juga secara kolektif memiliki pengalaman membuat aplikasi sosial dan pendidikan yang menjangkau jutaan orang, membangun komputer kuantum, dan menerbitkan penelitian di konferensi dan jurnal terkemuka dalam performa tinggi, komputasi terdistribusi, dan keamanan jaringan.

FITUR UTAMA PADA ZETACHAIN

  • Decentralized and public

ZetaChain adalah jaringan blockchain publik dan terdesentralisasi. Itu dibangun di atas Cosmos SDK dan Tendermint Consensus. Sementara banyak solusi lintas-rantai seperti jembatan memiliki model kepercayaan yang bervariasi dan seringkali terpusat yang memiliki rekam jejak rentan terhadap eksploitasi dan peretasan, ZetaChain adalah blockchain Proof-of-Stake, di mana semua transaksi dan aktivitas di platform — bahkan lintas- transaksi berantai — sepenuhnya transparan, dapat diverifikasi, dan berfungsi dengan cara yang meminimalkan kepercayaan.

  • Hyper-connected nodes

Node ZetaChain memiliki pengamat yang memantau transaksi di setiap rantai yang terhubung. Melalui arsitektur TSS ZetaChain, jaringan dapat menandatangani dan memverifikasi transaksi pada setiap rantai yang terhubung seperti halnya dompet. Dengan mampu membaca dan menulis ke rantai yang terhubung dengan cara yang aman dan terdesentralisasi, node yang terhubung dengan hiper ini menyediakan lingkungan omnichain yang mulus bagi pengembang untuk membangun aplikasi lintas rantai yang baru dan kuat di atasnya.

  • Omnichain message passing

Pengembang dapat mengirimkan pesan (data + nilai) antara rantai dan lapisan dengan pemanggilan fungsi sederhana. Melalui penyampaian pesan, pengembang dApp dapat membangun aplikasi lintas rantai yang kuat hanya dengan mengimplementasikan beberapa fungsi dalam kontrak pintar yang ada.

  • Omnichain smart contracts

Kontrak pintar dapat digunakan secara native di ZetaChain yang dapat membaca/menulis ke rantai yang terhubung. ZetaChain adalah satu-satunya blockchain publik yang mendukung kontrak pintar dengan kemampuan ini, memungkinkan paradigma baru pengembangan aplikasi.

  • Managed external assets

Jaringan ZetaChain dan dApps yang dibangun di atas ZetaChain dapat mengelola aset dan brankas rantai yang terhubung secara eksternal. Ini memungkinkan aset pada rantai apa pun untuk dikelola seperti halnya kontrak pintar pada satu rantai dapat mengelola aset pada rantai masing-masing. Dengan demikian, dApp di ZetaChain dapat mengatur dan membawa logika kontrak pintar ke rantai mana pun yang terhubung. Properti ini berlaku untuk semua rantai, termasuk rantai non-kontrak pintar, seperti Bitcoin dan Dogecoin.

Keamanan Komprehensif

Kami sedang membangun keamanan ZetaChain terlebih dahulu. Kami menerapkan tindakan perlindungan dan pertahanan, teknis, sosial, dan ekonomi yang ekstensif untuk mengamankan ZetaChain dan jaringan.

ZetaChain menggunakan tendermint untuk konsensus dan terdesentralisasi secara arsitektur dan infrastruktur. ZetaChain menggunakan GG20 Leaderless Threshold Signature Scheme (TSS) yang melakukan pembuatan kunci dan penandatanganan kunci dengan cara terdistribusi. Tidak ada satu pun node ZetaChain atau individu lain yang memiliki akses ke kunci privat lengkap kapan pun. Saat kami mengembangkan fitur swap kami, alih-alih mengembangkan brankas yang dikendalikan oleh ZetaChain, kami akan menggunakan kumpulan likuiditas jaringan yang teruji pertempuran seperti Uniswap dan PancakeSwap, sehingga permukaan serangan berkurang secara substansial.

Semua transaksi masuk/keluar dan keputusan yang dibuat (melalui perubahan status) dicatat dalam blok ZetaChain yang tersedia, tidak dapat diubah, dapat diverifikasi, dan sepenuhnya transparan.

COBA SEKARANG !

Web3 penuh dengan pengalaman pengguna yang membingungkan penuh dengan jargon yang bahkan sulit digunakan oleh pengguna yang paling berpikiran teknologi. Di atas upaya protokol kami, kami akan menghadirkan kemudahan dan kenyamanan menggunakan aplikasi Web2 ke Web3. Untuk menunjukkan seperti apa tampilan dan nuansa pengalaman Web3 yang mulus, kami telah mengembangkan odApp pengiriman lintas rantai yang dapat digunakan pengguna untuk mengirim token ZETA asli kami ke seluruh jaringan yang didukung.

TESTNET GUIDE

LANGKAH 1:

Dalam pengujian beta ini, ZetaChain menggunakan Goerli testnet, Polygon Mumbai, dan BSC Testnet, jadi dapatkan setiap token gas fee dari beberapa faucet berikut ini:

Goerli ETH: https://goerlifaucet.com/

MATIC: https://faucet.polygon.technology/

BNB: https://testnet.binance.org/faucet-smart

LANGKAH 2:

Hubungkan dompet dan klaim faucet

Buka https://labs.zetachain.com. Saat pop-up verifikasi Twitter muncul, klik “Verifikasi dengan Twitter“. Perhatikan bahwa akun Twitter Anda harus berusia lebih dari 1 bulan.

kemudian pilih dompet untuk dihubungkan, MetaMask atau Coinbase Wallet.

Saat dompet terhubung dengan benar, klik “Request Assets” untuk mengklaim Testnet ZETA.

LANGKAH 3:

Buka halaman Papan peringkat dan klik “Confirm Wallet” untuk memenuhi syarat sebagai pengguna uji.

LANGKAH 4:

Dan sekarang anda dapat melakukan swap untuk melakukan test pada network chain.

Saya menyarankan Anda untuk mengambil testnet Zeta Chain ini secara bertanggung jawab karena mereka sedang membangun masa depan. Jika Anda menemukan bug atau masalah lain, Anda dapat meninggalkan laporan bug pada perselisihan proyek di saluran “zeta chain testnet-feedback“. Tinggalkan ulasan seluas mungkin.

Anda bisa mendapatkan 10rb+ Poin ZETA dengan melaporkan bug kepada mereka, dengan jumlah tergantung pada tingkat keparahan masalah. Ini adalah cara tercepat untuk mendapatkan Poin ZETA terbanyak!

kunjungi link berikut untuk info lebih lanjut mengenai testnet ZetaChain https://blog.zetachain.com/announcing-zetalabs-1ab832adf86.

LINK
Website ZetaLabs: https://labs.zetachain.com/
Discord: https://discord.gg/zetachain
Telegram: https://t.me/zetachainofficial
Twitter: https://twitter.com/zetablockchain

Mulai Berlangganan Dengan Gratis!

About the Author: Juliarman Umar

My name is Juliarman, but my friends call me Arman. I was born in Watampone, July 3th 1996. My passion is studying technology and digital business. My main profession is a web developer & mobile developer, and this blog is just a sideline to fill my spare time while sharing knowledge. Hope it is useful :-)

You May Also Like