Cara Membangun Channel Youtube – Youtube merupakan salah satu produk Google Inc yang sekarang ini banyak di gandrungi oleh banyak orang. Terdapat banyak sekali video yang telah di upload oleh para penggunnya.

Tentunya, sebelum mengupload video, anda terlebih dahulu harus memiliki akun google dan membuat channel youtube. Apabila reputasi channel anda meningkat dan mendapatkan pelanggan / subscriber yang banyak, anda dapat memperoleh penghasilan dari channel anda tersebut.

Silahkan anda ikuti beberapa cara berikut ini untuk membangun channel youtube yang tepat dan populer!

Cara Membangun Channel Youtube Yang Benar

1. Upload Video Secara Teratur/Terjadwal

Salah satu faktor terpenting dalam dunia youtube adalah upload video secara teratur.

Apabila anda teratur dalam upload video ke channel, penonton akan menilai kalau channel anda tersebut aktif dan mengetahui kapan anda upload video.

Sama halnya ketika anda berlangganan koran, maka anda tak akan ketinggalan mendapatkan informasi dari koran langganan anda tersebut, karena pengirim koran rutin mengirimkannya setiap hari atau setiap minggu, begitupun juga sebaliknya.

2. Bagikan Video Channel Ke Social Media

Upload video youtube anda ke social media agar orang lain dapat melihat dan membagikannya juga ke teman yang lain apabila video anda menarik dan unik.

Jangan anggap remeh traffik dari social media, biasanya video viral mendapatkan traffik dan share yang banyak melalui social media.

Lebih bagus lagi kalau anda mempunyai group Facebook yang memiliki ratusan ribu anggota, anda dapat mengupload video channel anda ke dalam group tersebut.

Tapi akhir-akhir ini, rata2x group facebook yang mempunyai jumlah anggota yang banyak tidak langsung menyetujui kiriman dari anggota group, harus melewati proses moderasi atau peninjauan terlebih dahulu.

3. Gunakan Maksimal 50 Huruf Dalam Judul Video

Setelah saya riset dari berbagai website yang membahas tentang bagaimana mengembangkan channel youtube, saya menemukan topik yang memang cukup menarik untuk di ketahui bagi kreator youtube

Yap..!!

Topik yang di bahas tersebut adalah mengenai judul video, memang tak di ragukan lagi, salah satu penyebab pengunjung ingin menonton video anda karena mereka membaca judul video anda terlebih dahulu.

Judul yang menarik dan tertata rapi akan menjadi pendokrak reputasi channel youtube anda kedepannya. Dalam pembahasan topik tentang judul tersebut, maksimal 50 huruf yang terdapat dalam judul video, agar judul video tidak terpotong nantinya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda perhatikan gambar di bawah ini!

cara membangun channel youtube
Hasil pencarian youtube dengan keyword “cara membuat blog”

Dari gambar di atas, video mana yang memiliki daya tarik pengunjung untuk menonton video tersebut?

Yap, yang pastinya jika anda mencari video tutorial tentang cara membuat blog, anda pasti lebih memilih video yang nomor 2 karena judulnya lebih komplit di banding yang pertama.

4. Promosikan Video Di Blog

Sebenarnya hal ini tidak terlalu mutlak untuk di lakukan, tetapi kalau anda memiliki sebuah blog dengan jumlah visitor yang lumayan cukup banyak, lebih baik promosikan video anda di blog tersebut.

Tetapi yang perlu anda tahu, dalam mempromosikan video channel youtube di blog itu tidak sembarangan!

Jangan sampai anda membuat artikel di blog dengan konten video saja, lebih baik buat artikel yang sama atau yang berkaitan dengan video anda, terus anda sisipkan video anda pada bagian artikel yang telah anda buat.

Terdapat juga keuntungan tersendiri bagi blog anda jika anda menerapkan hal tersebut, yaitu artikel anda akan lebih berbobot karena di lengkapi dengan media berupa video.

5. Minimal Panjang Video 2 menit

Memang sekarang ini tak ada panduan resmi dalam menentukan berapa menit panjang video yang harus di terapkan dalam membuat konten video di youtube, tetapi saya sarankan anda membuat video minimal dengan durasi 2 menit.

Coba anda perhatikan gambar di bawah ini!

membangun channle youtube
Hasil pencarian youtube dengan keyword “Learn Seo”

gambar di atas merupakan hasil pencarian youtube dengan menggunakan keyword atau kata kunci Learn Seo. Anda bisa lihat sendiri kan, video dengan durasi panjang berada di posisi pertama.

Kenapa video berdurasi panjang bisa menempati posisi pertama?

Saya bertanya balik ke anda,

Jika anda ingin mencari informasi di youtube, anda mau yang lengkap atau tidak?

Pastinya yang lengkap donk, maka dari itu Algoritma youtube memberikan peringkat yang lebih baik untuk konten video yang memiliki durasi panjang karena video dengan durasi yang cukup panjang biasanya mengulas topik secara mendalam dan komplit.

6. Buatkan Playlist video anda

Jika anda memiliki banyak video di channel youtube dan anda tidak mengaturnya secara rapi, pastinya pengunjung akan bingung dengan topik yang ingin dia cari di channel anda tersebut.

Sama halnya ketika anda memiliki buku masakan dan ingin mencari resep masakan nusantara, tetapi pada buku masakan tersebut tidak terdapat daftar isi, yang pastinya anda akan bingung mencari resep yang ingin anda cari.

Nah, begitupun juga dengan channel youtube yang anda kelola, apalagi jika channel youtube yang anda kelola membahas berbagai macam topik.

Maka dari itu, dengan membuat playlist pada video tertentu dan mengatur sedemikian rapi, akan memudahkan para pengunjung untuk mencari video yang sesuai dengan topik yang ingin ia cari.

7. Ajak Penonton Untuk Subscribe

Buatlah sebuah kalimat ajakan dalam video untuk melakukan subscribe ke channel, anda bisa menyimpannya di bagian awal atau di bagian akhir. Tetapi posisi yang paling di rekomendasikan yaitu pada awal video.

Mungkin terdengar sepeleh, tetapi video yang di buat dan di beri kalimat ajakan untuk subscribe channel akan mempengaruhi emosi penonton dan tergerak untuk melakukan subscribe anda, apalagi channel anda bermanfaat untuk dia.

8. Gunakan kata kunci yang relevan, deskripsi, dan tag video

Gunakanlah kata kunci yang relevan atau yang sesuai dengan topik video yang anda buat. Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner milik google untuk mencari kata kunci yang memiliki jumlah pencarian yang banyak.

Yang kedua adalah deskripsi video, anda bisa membuat sebagian informasi yang menggambarkan isi video yang anda buat sebelumnya dan menyimpannya pada bagian kolom deskripsi video.

Dan yang terakhir adalah gunakan tag pada video anda, dan sekali lagi, gunakan tag yang relevan dengan video anda. Agar lebih bagus, gunakan kata kunci pada bagian tag video channel youtube.

Itulah beberapa cara yang untuk membangun channel youtube agar dapat berkembang dan terkenal dan yang pastinya akan menghasilkan uang apabila anda konsisten dalam mengelola channel yang anda buat tersebut.