bisnis digital marketing

Bisnis Digital Marketing Sangat Menguntungkan, Ini Caranya!

Bisnis digital marketing sepertinya sudah menjadi tren usaha di era digital seperti saat ini. Sektor bisnis ini sangat mudah dijalankan dan tidak perlu membutuhkan banyak modal. Tidak hanya konsisten dan pantang menyerah, kunci sukses dalam membangun bisnis digital marketing terletak pada kreativitas atau inovasi.

Untuk mengembangkan bisnis digital marketing, ada beberapa cara yang mudah untuk kamu pelajari dari artikel ini. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar ide-ide kreatif yang bisa kamu kembangkan lewat bisnis digital marketing lho. Oleh karena itu, simak artikel ini sampai habis ya!

Cara Mengembangkan Bisnis Digital Marketing

Sebagai salah satu segmentasi yang menguntungkan di era digital, mengembangkan bisnis digital marketing sangatlah mudah. Berikut cara yang bisa langsung kamu lakukan:

1. Mempelajari Teknik Digital Marketing

Cara mengembangkan bisnis digital marketing yang pertama adalah dengan mempelajari seperti apa teknik digital marketing. Berbeda dari jenis pemasaran lainnya, pemasaran lewat media digital pasti berhubungan dengan platform sosial media seperti Instagram, Facebook, atau e-commerce.

Nah, masing-masing platform tersebut memiliki beragam fitur yang berbeda. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui fitur-fitur apa saja yang bisa kamu gunakan pada sebuah platform sosial media untuk kepentingan bisnis digital marketing nantinya.

Untuk mempelajari teknik digital marketing kamu bisa melakukannya secara otodidak. Jelajahilah platform sosial media yang memiliki dampak cukup tinggi untuk kepentingan bisnis, salah satunya adalah Instagram.

Meskipun Instagram dan Facebook berada di bawah perusahaan yang sama, kedua platform sosial media ini memiliki karakteristik yang cukup berbeda. Untuk era digital seperti sekarang, Instagram adalah sosial media yang memiliki impact baik terhadap perkembangan bisnis.

Fitur-fitur Instagram pun cukup banyak dan bermanfaat untuk pemasaran. Bahkan kamu bisa mengandalkan fitur bisnis pada Instagram untuk menjangkau audiens lebih banyak, sehingga bisnis digital marketing yang kamu lakukan mengalami perkembangan yang cukup bagus.

2. Update dengan Algoritma Platform Digital

Di era digital seperti sekarang, hampir seluruh sektor bisnis menggunakan platform digital, salah satunya sosial media. Nah, salah satu cara mengembangkan bisnis digital marketing yang perlu kamu ketahui adalah selalu update dengan algoritma dari platform digital yang kamu pilih atau gunakan.

Misalnya Instagram, untuk menjangkau audiens yang banyak, ada banyak cara atau trik yang bisa kamu lakukan. Misalnya memanfaatkan 3-7 hashtag pada caption, melakukan interaksi dengan audiens lewat kolom komentar, hingga mengunggah konten dengan konsep yang menarik atau viral.

Jika semua cara atau trik di atas kamu lakukan, otomatis angka engagement pada akun Instagram bisnis kamu mengalami kenaikan. Nah, engagement inilah yang nantinya jadi penentu apakah cara yang kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis digital marketing tepat sasaran atau tidak. Jika disimpulkan, engagement ini akan jadi sebuah evaluasi kamu menerapkan strategi pemasaran.

3. Kenali Kompetitor

Mengenali kompetitor bisnis merupakan salah satu cara penting mengembangkan bisnis digital marketing sekaligus mempelajari strategi pemasaran yang dilakukan oleh kompetitor. Setiap kompetitor bisnis pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, sebagai pemilik bisnis, kamu harus jeli atau detail dengan kedua hal tersebut.

Kelebihan yang dimiliki oleh kompetitor bisa menjadi sebuah masukan atau inspirasi untuk bisnis yang kamu kelola. Sebaliknya, kekurangan dari kompetitor bisa kamu jadikan sebagai evaluasi agar tidak terjadi pada bisnis milikmu.

Karena ini berhubungan dengan digital marketing, tentu saja kelebihan dan kekurangan tersebut harus sesuai dengan pemasaran melalui platform digital. Misalnya kelebihan dari kompetitor terletak pada cara pendekatan mereka dengan audiens lewat konten yang berkualitas. Sedangkan kekurangannya terletak pada cara interaksi mereka yang kurang friendly atau slow respon.

Jika kamu cukup detail dalam membagi kelebihan dan kekurangan dari kompetitor, strategi pemasaran yang kamu lakukan sudah pasti 99% berhasil. Sisanya tergantung pada seberapa konsisten dan kreatifnya kamu dalam menghasilkan konten-konten berkualitas yang masih berhubungan dengan bisnis yang kamu kelola.

Pekerjaan yang Dibutuhkan untuk Mengembangkan Bisnis Lewat Digital

Dalam pemasaran lewat platform media sosial, kamu membutuhkan beberapa divisi atau tim untuk membantu agar tepat sasaran. Divisi atau sektor pekerjaan yang kamu butuhkan antara lain:

  • Desain Grafis : Pekerjaan ini nantinya akan berhubungan dengan logo, template, poster, dan desain lainnya untuk keperluan konten. Semakin bagus dan unik desain yang kamu gunakan, maka semakin banyak audiens yang tertarik mengunjungi akun sosial media kamu.
  • CopyWriting : Pekerjaan satu ini memiliki peran penting dalam strategi pemasaran. Oleh karena itu, mempekerjakan copywriter adalah sebuah keharusan demi tercapainya target penjualan. Dalam bisnis ini, seorang copywriter harus bisa membuat caption yang sifatnya persuasif dengan keterbatasan kalimat dalam sebuah posting-an.
  • Admin Sosial Media : Pekerjaan terakhir adalah admin sosial media. Yup, pemasaran lewat platform digital membutuhkan admin untuk meng-handle akun sosial media. Selain itu, admin sosial media juga bertanggung jawab untuk meningkatkan branding dengan kreativitas dalam membuat konten. Admin sosial media juga harus ramah atau friendly dalam membangun komunikasi dengan audiens.

Bisnis Digital Marketing Bisa Mempengaruhi Penjualan

Efektif atau tidaknya strategi pemasaran bisnis lewat sosial media yang kamu jalankan bisa memberikan dampak atau pengaruh terhadap penjualan. Jika penjualan meningkat, otomatis strategi pemasaran lewat platform digital sudah efektif. Sebaliknya, jika angka penjualan menurun, artinya ada yang salah dalam strategi pemasaran tersebut sehingga kamu perlu melakukan sebuah evaluasi secepatnya.

Demikian artikel tentang cara mengembangkan bisnis digital marketing sekaligus pekerjaan apa saja yang bisa bantu menerapkan strategi pemasaran ini agar tepat sasaran. Semoga artikel ini sangat membantu ya.

Mulai Berlangganan Dengan Gratis!

About the Author: Juliarman Umar

My name is Juliarman, but my friends call me Arman. I was born in Watampone, July 3th 1996. My passion is studying technology and digital business. My main profession is a web developer & mobile developer, and this blog is just a sideline to fill my spare time while sharing knowledge. Hope it is useful :-)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *