strategi pemasaran online

7 Strategi Pemasaran Online, Murah Hingga Gratis!

Memasuki zaman yang serba digital, sebagai pelaku bisnis kamu harus mulai menerapkan strategi pemasaran online. Dengan demikian, bisnismu memiliki kesempatan untuk tetap bertahan dan bersaing dengan para kompetitor.

Strategi Pemasaran Online

Terdapat banyak strategi yang bisa mulai kamu rancang dan lakukan. Berikut tujuh strategi ampuh untuk bisnismu:

1. Search Engine Optimization (SEO)

Sesuai namanya, Search Engine Optimization (SEO) merupakan strategi pemasaran online yang memanfaatkan mesin pencari untuk meningkatkan traffic kunjungan ke situs web bisnis milik mu. Untuk mendapatkan banyak traffic tersebut, situs web milikmu harus memiliki ranking SEO yang bagus.

Buat kamu yang ingin belajar tentang SEO, silahkah kunjungi artikel berikut: Panduan Lengkap Belajar SEO Sampai Paham & Mengerti 100%

Kamu harus memahami algoritma masing-masing mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing agar berhasil menduduki puncak ranking SEO. Secara umum, terdapat dua jenis trik SEO yang perlu kamu jalankan yaitu SEO On-page dan SEO Off-page.

SEO On-page fokus pada strategi optimasi situs web bisnis milikmu. Sedangkan strategi pemasaran online dengan SEO Off-page fokus pada usaha meningkatkan traffic dengan cara di luar situs web itu sendiri.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Meskipun gratis, kelemahan  strategi pemasaran online dengan SEO adalah waktu. Butuh waktu yang lama untuk membangun sebuah situs web agar dapat berada di puncak ranking mesin pencari. Jika kamu ingin segera mendapatkan hasil dari pemasaran melalui mesin pencari, maka kamu bisa menggunakan Search Engine Marketing (SEM).

Tidak seperti SEO yang gratis atau tidak perlu membayar ke pihak mesin pencari seperti Google, SEM sebaliknya. Dengan kata lain, kamu memasang iklan di mesin pencari. Nantinya, ketika seseorang mencari kata kunci yang sesuai dengan bisnis milikmu, maka mereka akan menemukan situs web milik mu terletak di jajaran utama hasil pencarian. Biayanya sesuai dengan jumlah klik atau pay-per-click.

3. Media Sosial

Media sosial menjadi saluran pemasaran yang sangat penting untuk bisnis saat ini. Terlebih negara kita memiliki penduduk yang aktif membuka media sosialnya. Bahkan tahun 2021 awal, pengguna media sosial di Indonesia mencapai 170 juta jiwa. Oleh karenanya, segera manfaatkan berbagai media sosial yang ada untuk strategi pemasaran online.

Untuk memaksimalkan penggunaan media sosial, maka buatlah berbagai konten yang menarik sesuai dengan target market mu. Buatlah konten yang informatif dan relate dengan mereka sehingga menghasilkan engagement rate yang tinggi. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur iklan yang tersedia seperti Facebook Ads dan Tiktok Ads.

4. Influencer Marketing

Selanjutnya ada influencer marketing yang sudah mulai banyak dilakukan oleh berbagai company, baik kecil maupun besar. Strategi pemasaran online ini kamu lakukan dengan mengajak kerjasama influencer untuk bekerjasama dengan bisnis milikmu. Nantinya mereka akan mempromosikan produk atau jasa dari bisnis mu ke audiens atau pengikut mereka.

Dalam memilih influencer, banyak hal yang harus kamu pertimbangkan. Seperti misalnya harus sesuai dengan target market mu dan kampanye promosi, tidak memiliki rekam jejak yang buruk, serta memiliki tingkat engagement rate yang bagus.

5. E-Mail Marketing

Tidak hanya empat strategi di atas, kamu juga bisa mulai memanfaatkan strategi e-mail marketing. Dengan mengirimkan e-mail komersial yang telah disusun sebaik-baiknya kepada subscriber, kamu bisa mendapatkan keuntungan besar hingga 40 kali lipat return of investment (ROI). Copywriting dan gambar yang menarik adalah kunci keberhasilan e-mail marketing.

6. Push Notification Marketing

Apakah kamu pernah menerima notifikasi dari aplikasi yang terinstal di HP mu? Nah, hal tersebut merupakan strategi pemasaran online in-app push notification. Tidak hanya melalui aplikasi, kamu bisa menggunakan strategi push notification melalui situs web atau web push notification. Biasanya penawaran agar orang mau mengikuti notifikasi dari situs web akan muncul pertama kali saat mereka mengunjunginya.

Notifikasi seperti ini memiliki open rate yang tinggi, lho. Artinya kamu memiliki kesempatan yang besar untuk meningkatkan penjualan bisnis melalui strategi ini. Selain ide kampanye, copywriting memiliki peran yang besar untuk mencapai keberhasilan push notification. Sehingga pastikan kamu paham bagaimana cara membuat copywriting yang pas.

7. Affiliate Marketing, Strategi Pemasaran Online Masa Kini

Affiliate marketing merupakan strategi pemasaran online yang tidak boleh kita remehkan. Cara ini sangat mudah untuk kamu lakukan dan menjanjikan keuntungan yang besar. Sistemnya sederhana yaitu sebagai pemilik bisnis, kamu menawarkan pada siapa pun untuk membantu menjualkan produk dari bisnis mu. Kamu hanya perlu memberikan komisi pada setiap produk yang berhasil mereka jual.

Banyak orang yang mau menjadi affiliate marketer karena mereka tidak membutuhkan modal besar, fleksibel, dan tidak rugi jika tidak berhasil menjual. Dengan demikian, bisnis online mu dapat menjangkau banyak calon konsumen secara gratis. Kamu hanya perlu menyiapkan file booklet yang berisi product knowledge.

Siap Merancang Strategi Pemasaran Online untuk Bisnismu?

Demikian tujuh strategi pemasaran online yang bisa mulai kamu terapkan sekarang. Rencanakan dengan baik setiap kampanye iklan yang akan kamu lakukan dengan strategi di atas. Seperti tujuan kampanye hingga key performance indicator.

Jika bisnismu masih kecil, kamu bisa mulai dari strategi yang tidak membutuhkan biaya seperti SEO, media sosial, dan affiliate marketing. Setelahnya, kamu bisa mulai menggunakan strategi lain dengan budget yang ada.

Meskipun belum memiliki budget yang banyak, kamu tetap bisa menggunakan strategi pemasaran yang berbayar. Misalnya seperti menggunakan influencer marketing yang murah dan mengatur pengeluaran FB Ads maksimal 50rb per hari. Selamat mencoba!

Mulai Berlangganan Dengan Gratis!

About the Author: Juliarman Umar

My name is Juliarman, but my friends call me Arman. I was born in Watampone, July 3th 1996. My passion is studying technology and digital business. My main profession is a web developer & mobile developer, and this blog is just a sideline to fill my spare time while sharing knowledge. Hope it is useful :-)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *