ide bisnis mahasiswa

Ide Bisnis Mahasiswa Tanpa Modal Dan Sangat Menguntungkan!

Ide bisnis mahasiswa dengan modal sedikit merupakan dambaan bagi setiap mahasiswa yang ingin menambah uang saku. Di antara banyaknya ide-ide yang bermunculan, ternyata tidak semuanya efektif karena bisa mengganggu aktivitas perkuliahan.

Nah, buat kamu yang ingin menambah uang saku, cari tahu apa saja ide bisnis mahasiswa yang minim modal tapi sangat menguntungkan dengan membaca artikel ini sampai habis!

3 Ide Bisnis Mahasiswa yang Menguntungkan

Memang tidak semua ide bisnis mahasiswa efektif dan menguntungkan. Tapi kamu tidak perlu khawatir, sebab masih ada beberapa ide bisnis yang tidak akan mengganggu kegiatan perkuliahan dan menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Penasaran apa saja? Berikut tiga ide bisnis mahasiswa yang menguntungkan:

1. Bisnis Online

Bisnis online merupakan ide bisnis mahasiswa yang masih populer dan menjanjikan keuntungan. Ini adalah salah satu bisnis yang bisa dilakukan meskipun tanpa modal. Yup, kamu bisa menjadi seorang dropshipper yang menjual barang atau produk dari produsen dengan harga yang sedikit lebih tinggi.

Selain pekerjaannya yang sangat mudah, waktu yang kamu butuhkan untuk mengelola bisnis online juga terbilang fleksibel. Artinya, kegiatan perkuliahan kamu tidak akan terganggu oleh bisnis tersebut.

Keuntungan dari ide bisnis mahasiswa ini bisa dikatakan cukup menggiurkan. Buktinya ada banyak sekali pebisnis muda sukses yang memulai karirnya lewat berjualan barang atau produk secara online.

Sebagai inspirasi, barang atau produk yang paling laris antara lain skincare, makeup, baju, tas, sepatu, hingga frozen food. Kamu bisa menentukan ingin menjual barang atau produk apa yang sesuai dengan target pasar kamu nantinya.

Karena bisnis ini memiliki banyak kompetitor, maka kamu perlu jeli terhadap kualitas dari barang atau produk, rajin berinovasi, dan konsisten melakukan promosi lewat media sosial. Jika tidak, otomatis kamu akan gagal membangun bisnis satu ini.

2. Desain Grafis

Buat kamu yang memiliki bakat desain grafis, kamu bisa menjadikan skill ini untuk berbisnis lho. Apalagi saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa desainer grafis untuk kepentingan perusahaan. Kamu bisa bekerjasama dengan perusahaan menengah hingga perusahaan besar dalam jangka waktu tertentu untuk menyelesaikan sebuah project.

Karena tidak semua orang memiliki keahlian dalam bidang desain grafis, otomatis ide bisnis mahasiswa satu ini tidak memiliki banyak kompetitor. Meskipun begitu, faktanya untuk mendapatkan klien kamu harus berjuang mati-matian.

Nah, agar klien percaya, upgrade-lah skill kamu dengan menguasai beberapa tools desain. Langkah selanjutnya ialah membuat portofolio hasil desain grafis kamu di media sosial. Ini akan jadi sebuah penilaian penting, jadi tidak boleh kamu abaikan.

Berbicara soal modal, tentu saja ide bisnis mahasiswa satu ini tidak membutuhkan modal. Kamu hanya perlu belajar dan pantang menyerah. Jika sudah cukup mahir, jasa desain kamu akan dibayar dengan harga yang cukup tinggi.

Bayaran ini tergantung dengan tingkat kesulitan desain yang kamu kerjakan nantinya. Ketika klien puas, bisa jadi jasa kamu akan digunakan lagi. Buat kamu mahasiswa jurusan DKV, jangan abaikan kesempatan emas satu ini ya.

3. Penulis Artikel

Nah, ide bisnis mahasiswa yang terakhir adalah menjadi penulis artikel. Pekerjaan ini berkaitan dengan tulis-menulis seputar tren atau isu-isu terkini. Selain membutuhkan skill menulis yang bagus, kamu juga harus update tentang apa yang sedang terjadi atau viral dan menentukan judul artikel yang menarik.

Ada beberapa platform media yang mencari penulis artikel. Bayarannya tergantung dengan jumlah kata yang ditulis. Untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi, kamu harus rajin menulis artikel.

Menulis bukanlah pekerjaan yang mudah. Kamu dituntut untuk kreatif memainkan kalimat agar enak dibaca. Tidak hanya itu, kamu juga harus siap bertanggung jawab dengan artikel yang sudah ditulis.

Ide bisnis mahasiswa satu ini tidak membutuhkan modal. Tetapi, kamu harus bisa mengatur jadwal agar tidak mengganggu kegiatan perkuliahan nantinya. Nah, jika kamu memiliki skill menulis dan ingin menambah uang saku, tidak ada salahnya untuk mencoba ide bisnis mahasiswa satu ini lho.

‘Waktu Adalah Uang’, Maka Berikut Cara Mengaturnya

Menjadi mahasiswa sekaligus menjalankan bisnis tentu saja tidak mudah. Apalagi jika kamu memiliki segudang kegiatan perkuliahan dan organisasi, otomatis sulit untuk membagi waktu. Karena waktu adalah uang, maka berikut cara mengaturnya:

  • Membagi Waktu dengan Benar

Agar kamu bisa menerapkan salah satu ide bisnis mahasiswa di atas, bagilah waktu antara kuliah, organisasi (jika kamu mengikuti), dan pekerjaan. Jadikan kuliah sebagai prioritas pertama, artinya jangan sampai terganggu oleh pekerjaan kamu. Lalu, bekerjalah pada hari-hari yang kosong, di mana tidak ada jadwal kuliah atau organisasi.

  • Konsisten dengan Jadwal yang Telah Ditentukan

yang di tengah jalan menyerah. Sebagian menyerah untuk tidak melanjutkan pekerjaan, sebagiannya lagi berhenti kuliah karena sudah nyaman dengan pekerjaan.

Agar hal ini tidak terjadi kepada kamu, maka konsistenlah dengan jadwal yang telah kamu tentukan. Meskipun sulit, jika sudah terbiasa maka kamu akan enjoy dengan kesibukan kamu sebagai mahasiswa sekaligus pekerja.

Kuliah Sambil Bekerja, Kenapa Tidak?

Demikian artikel seputar ide bisnis mahasiswa sekaligus cara membagi waktu antara kuliah dengan bekerja yang benar. Selain bisa menambah uang saku, pengalaman kamu juga akan bertambah.

Kesimpulannya, kuliah sambil bekerja sangatlah menguntungkan bagi karir kamu kedepannya. Jadi, tunggu apalagi? Jangan sia-siakan kesempatan emas satu ini ya. Selamat mencoba dan sukses selalu!

Mulai Berlangganan Dengan Gratis!

About the Author: Juliarman Umar

My name is Juliarman, but my friends call me Arman. I was born in Watampone, July 3th 1996. My passion is studying technology and digital business. My main profession is a web developer & mobile developer, and this blog is just a sideline to fill my spare time while sharing knowledge. Hope it is useful :-)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.