cara riset keyword

Panduan Lengkap Cara Riset Keyword Untuk Artikel Website!

Pada artikel sebelumnya dengan judul 9 Tahap Pembuatan Artikel Berkualitas Untuk Website Anda!, saya sempat menyinggung mengenai riset keyword atau kata kunci dalam membuat artikel.

Apa itu Keyword?

Jadi, keyword atau kata kunci adalah kumpulan kata-kata atau frasa yang biasa di ketikkan oleh pengguna google untuk mencari informasi atau konten yang sesuai dengan topik yang ingin di cari.

Masih bingung?

Nih, saya beri satu contoh penggunaan keyword di google search

Gambar: contoh penggunaan keyword di google search
  1. Keyword : bagian ini merupakan kata kunci yang anda ketikkan yang muncul langsung di kepala anda
  2. Keyword Rekomendasi : Berbeda dengan yang pertama, bagian ini akan muncul apabila anda mengetikkan 1 kata kunci dan google akan memberikan beberapa rekomendasi beberapa keyword yang juga biasanya di cari oleh orang lain.

Apa Tujuan Riset Keyword?

Tujuan utama melakukan riset keyword atau kata kunci adalah untuk mengetahui kata kunci yang paling banyak di cari di mesin pencari google.

Pastinya anda tak mau kan, sudah capek mengetik artikel panjang tapi tidak ada yang baca. Nah, dengan riset keyword, artikel yang anda buat kemungkinan besar akan di baca banyak orang.

Sampai disini, semoga anda sudah sedikit paham mengenai teori singkat tentang keyword dan tujuan riset keyword diatas.

Cara Riset Keyword Yang Benar Untuk Artikel Website

Baik, tanpa penjelasan panjang lebar lagi, berikut panduan cara riset keyword atau kata kunci yang benar untuk artikel website.

Selamat membaca 🙂 …

Ok, jadi pada panduan kali ini, kita akan menggunakan 2 tool riset keyword yaitu, Google Keyword Planner dan Keyword Tool

Pertama-tama anda buka terlebih dahulu Keyword Tool

Gambar: Halaman awal Keyword Tool

Setelah terbuka, anda tinggal ganti lokasinya menjadi indonesia, dan masukkan satu kata kunci tentang topik artikel yang ingin anda buat.

Misalnya anda ingin membuat artikel dengan topik bisnis, silahkan anda masukkan kata kunci bisnis ke dalam kolom pencarian dan tekan tombol search

Gambar: Hasil pencarian kata kunci bisnis

Setelah menekan tombol search, akan ada banyak muncul list kata kunci, silahkan anda pilih salah satu kata kunci yang ingin anda buatkan konten artikel di website anda dan simpan di notepad.

Setelah anda memilih salah satu keyword dari list tadi, selanjutnya anda buka Google Keyword Planner untuk mengetahui rata-rata jumlah pencarian perbulannya.

Gambar: Google Keyword Planner

Pilih di bagian kanan Dapatkan volume penelusuran dan perkiraan dan masukkan keyword atau kata kunci yang anda simpan tadi di notepad, dan klik tombol Mulai

Gambar: Riset keyword bisnis daring dan pemasaran

Selanjutnya akan muncul detail volume penelusuran rata-rata perbulan pada kata kunci bisnis daring dan pemasaran,

Gambar: Detail hasil analisa volume kata kunci

Anda hanya perlu fokus di bagian field Penelusuran bulanan rata2, seperti yang ada pada gambar, kata kunci bisnis daring dan pemasaran rata-rata pencarian perbulannya kisaran 1.000 sampai 10.000 rb.

Menurut saya pribadi, minimal rata-rata pencarian paling bagus untuk kata kunci adalah 500 keatas perbulannya.

Di bagian field Persaingan sendiri merupakan persaingan dalam iklan, jadi bukan patokan apakah keyword yang kita pakai persaingannya rendah atau tinggi di mesin pencari.

Setelah mengetahui hasil rata-rata penelusuran perbulannya, anda bisa memutuskan apakah mau membuat artikel dengan kata kunci tersebut atau tidak.

Sedikit saran, gunakan kata kunci minimal 3 sampai 4 kata agar lebih mudah bersaing di mesin pencari atau istilah SEO-nya Long Tail Keyword!

Penutup

Ok, jadi mungkin itu saja pembahasan kali ini mengenai cara riset keyword atau kata kunci yang benar untuk pembuatan konten artikel pada website.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada salah kata atau kalimat, mohon di maafkan yahh :), see you next time 🙂

Mulai Berlangganan Dengan Gratis!

About the Author: Juliarman Umar

My name is Juliarman, but my friends call me Arman. I was born in Watampone, July 3th 1996. My passion is studying technology and digital business. My main profession is a web developer & mobile developer, and this blog is just a sideline to fill my spare time while sharing knowledge. Hope it is useful :-)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *